Ane kali ini mau kabar-kabari buat agan2 semua gimana sih pesawat pas landing dan dengan make apa saja termasuk pengeremannya.

Pertama, pesawat akan mengeluarkan yang namanya spoiler.
SALAH SATU gunanya untuk mengurangi gaya angkat sehingga pesawat akan lebih cepat turun. Tapi untuk penerbangan normal, spoiler nggak dibuka full. Hanya dibuka-tutup sesekali saja sebelum fase pendaratan. Gambar diatas adalah saat dimana spoiler digunakan untuk pengereman setelah pesawat menyentuh tanah. Penjelasan lanjut ada dibawah
flap:
Macam-macam flap

Plain flap adalah jenis flap yang paling sederhana. Biasanya terdapat pada pesawat kecil.
Split flapjuga salah satu jenis flap sederhana dan terdapat pada pesawat kecil dan sedang. Contohnya pesawat Dacota DC-3.

Fowler Flap adalah jenis yang banyak digunakan pada pesawat komersil karena kemampuannya meningkatkan gaya angkat yang tinggi.
Slotted flap adalah flap yang akan membuat sebuah slot saat digunakan. slot ini berguna untuk mendorong aliran udara turbulen menjadi streamline.

 ban:

Begitu akan mendekati landasan, maka landing gear diturunkan. Fungsinya? Ya buat alas pesawat itu mendarat laah gan

Jadinya seperti ini:

atau:
Dari gambar diatas, dengan menggunakan flap maka kecepatan pesawat akan berkurang tanpa kehilangan gaya angkatnya. landing gear yang diturunkan juga menambah drag yang memperlambat laju pesawat.
Mulailah pesawat landing.

Spoiler for landing:
Di titik ini, disaat ban pesawat menyentuh ground. Spoiler terbuka full keatas.
spoiler terbuka full:

spoiler yang terbuka keatas ini akan membantu pengereman pesawat dengan cara menghalangi aliran udara. Begitu pula dengan flap.
Bila agan perhatikan pada beberapa saat setelah ban pesawat menyentuh tanah, maka bagian tengah engine ada bagian yang terbuka.
seperti ini:

Atau di jenis pesawat lainnya ada yang membentuk payung seperti ini:
payung:
Nah bagian tersebut dinamakan THRUST REVERSER. Yakni sebuah alat yang fungsinya adalah membelokkan arah udara yang ditembakkan engine menjadi kearah depan.
macam2 thrust reverser:

CLAMSHELL. Menurut yang ane denger biasanya digunakan pada pesawat tempur.Gambar dua, reverser yang menggunakan actuator biasanya ada pada tipe pesawat MD-82 atau B737-200.Gambar ketiga ada jenis reverser yang menggunakan semacam actuator berbentuk ulir, dilihat dari ilustrasinya mirip yang digunakan kebanyakan pesawat Boeing dan Airbus.
Intinya adalah, aliran udara yang dihasilkan engine dibelokkan sedemikian rupa agar arahnya menjadi kedepan. Memang tidak murni 100% berbalik arah, tapi setidaknya resultan gaya yang dihasilkan sudah efektif untuk pengereman.
Agan tahu pesawat ulang-alik??
ini lo:
Pesawat antariksa ini sistem pengeremannya ada caranya sendiri yang cukup sederhana. Yak, agan pasti tahu kalo saat mendarat, pesawat ulang-alik mengeluarkan PARASUT

Maksudnya bukan yang ini gan
parasut:
parasut:
parasut:
Cara ini termasuk cara pengereman yang sederhana, parasut akan menahan sejumlah udara, dan memperlambat laju pesawat. Memang sederhana tapi ada satu yang perlu diperhatikan:
Pada saat parasut membentang sempurna, maka akan ada shock yang sangat kuat (bisa dibayangin kan?). Karena itulah pesawat komersil ga ada yang make parasut sebagai alat pengereman karena bisa membahayakan struktur dari konstruksinya. Kecuali ada pada beberapa pesawat capung, itu pun untuk pendaratan darurat.
Gan, ane mau share video yang ane shooting sendiri waktu pesawat Citilink mau landing di Soekarno-Hatta. Keliatan spoiler yang terbuka dan flap yang kembali ke posisi normal pada saat sudah landing.
video pribadi agan ffox:
Kalo bisa ditambah, pendaratan pesawat tempur ada yg menggunakan vertikal landing. Biasanya duntuk di kapal induk yg kekurangan space pendaratan. Disebut VTOL

happy landing:




Maskapai2 Indonesia:
Sriwijaya Air:

Batavia:
Lion:
Garuda:
video landing pesawat
About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: