BAGIAN-BAGIAN TOWER CRANE

PERTAMA :
TIANG PANCANG UNTUK PONDASI CRANE

KEDUA:
COR PONDASI TOWER CRANE BERSAMA HOISTNYA


KETIGA :
ANGKAT DAN DIRIKAN SECTION CRANE MENGGUNAKAN MOBILE CRANE


KEEMPAT :
ANGKAT DAN PASANG KEPALA TOWER CRANE / OPERATOR CAB’S DAN TIANG DIATASNYA

KELIMA :
ANGKAT DAN PASANG LENGAN TOWER CRANE / JIB


ENAM :
SETTING SLING / JIB TIE, RELL TROLLEY DAN PENGKABELAN KELISTRIKANNYA


TUJUH :
TOWER CRANE SUDAH BERDIRI FREE STANDING SEPERTI GAMBAR DIBAWAH,,, HUBUNGKAN KELISTRIKAN KE POWER HOUSE DENGAN GENSET KHUSUS TOWER CRANE

DELAPAN :
INI YANG PENTING DIMANA BANYAK ORANG AWAM BERTANYA-TANYA “MENAMBAH KETINGGIAN TIANG TOWER CRANE”
TERDAPAT SECTION DIBAWAH OPERATOR JIB YANG LEBIH BESAR DARI TIANG DIBAWAHNYA DAN TANPA CROSS / BESI SILANG. TUJUANNYA ADALAH UNTUK MEMASUKKAN SECTION TAMBAHAN. PADA SECTION TERSEBUT JUGA TERDAPAT HIDROLIC UNTUK MENAIKKAN POSISI SECTION. LIHAT GAMBAR DI BAWAH



PENTING :
SEMUA TOWER CRANE DI DUNIA ADA SATU KELISTRIKAN YANG TIDAK BOLEH KETINGGALAN YAITU “PENANGKAL PETIR”


Q: Dari kecil sampe sekarang bingung ane gimana bisa berdiri tuh tiang..
Satu lagi gan, kalo yang sampe puanjang kayak bangung apartemen2 gitu caranya gimana ya gan ??

A: mengenai panjang lengan Tower Crane / JIB berbeda-beda tergantung pemasangannya, sudah ada paketan Tower Crane dengan panjang lengan seperti gambar di bawah. So tinggal dipilih mau dipasang yang ukuran berapa, ya menurut kebutuhan dan ruang bebas untuk mengayunkan lengan Tower Crane.

Q:
koq crane itu bisa jadi dalam semalam trus posisi crane itu ada diatas gedung =,= itu pegimana caranya ya?

gak mungkin semua itu terjadi dalam 1 malam gan,, ini bukan sulap
kalo cuman nambah ketinggian tiang >>> iya bisa

and tower crane tidak berdiri diatas gedung, dia bertopang pada tiangnya sendiri,, akan tetapi semakin tinggi gedung berarti tiang tower crane harus diklem ke kolom struktur bangunan sebagai pegangan


perlu diingat bahwa kolom struktur bangunan yang boleh digunakan untuk pegangan tiang tower crane adalah kolom struktur yang sudah mencapai umur beton yang diijinkan (baru dicor dah dibuat pegangan = ambruk)

Q:
nice info gan
btw ada cara yg lebih canggih gak?

A: kalo untuk yang lebih canggih di building setahu saya gak ada,, karena sampai saat ini semua masih sama begini juga,, gak tahu kalo model tower crane buat pelabuhan atau pertambangan … mungkin sesepuh lain bisa jawab.
tapi yang ane tahu kecanggihan tower crane yang terupdate hanya pada panel instrumen di ruang operator dan alat-alat test kelistrikan,, untuk mekanikal secara keseluruhan sama saja

Q:
gan ane masih penasaran, pemberat itu yang di bagian belakang crane, itu berbeda2 tiap panjangnya n cara pasangnya gimana? trus kalo mo nambahin atau ngurangin gimana? sori kalo ane banyak nanya ya gan, penasaran soalnya
A:
Gan kalo pemberat tersebut sudah diatas berarti sudah paten segitu,, jumlah pemberat dihitung dan disesuaikan dengan panjang Jib yang akan dipakai lalu dipasang sudah dari awal,, perlu diketahui bahwa lengan Tower Crane seimbang justru ketika digunakan (ada beban yang imbang depan belakang), dan keadaan paling berbahaya justru ketika Tower Crane dalam keadaan standby, karena beban dibelakang tidak ada counter balancenya, dalam keadaan tersebut terjangan angin akan mebuat masalah yang berarti, apalagi kalo gempa >>> bayangin sendiri deh
Q:
bangunan blom d bikin aja udah rumit kek gtu … yang ane bingungkan tuh kan pondasinya d cor pke semen, trus klo bangunan udah jdi gmna?? apa d hancurkan lgi ondasinya ??
A:
Ketika pekerjaan pembangunan yang menggunakan Tower Crane sudah selesai, maka Tower Crane akan dibongkar lagi. Sedangkan untuk pondasinya akan ditimbun dengan tanah >>> itu dinamakan wise / resiko pekerjaan,, maka itu pondasi Tower Crane elevasinya selalu dibawah elevasi halaman
Q:
kejawab juga penasaran gw… skrg pertanyaannya kalo dia udah di ketinggian ratusan meter gan, trus kebelet pipis, apa bawa pot yakk???
(postingan pertama gw gan!! )
A:
gak juga gan, selain Tower Crane, pada pembangunan gedung bertingkat tinggi menggunakan juga yang namanya Passenger Hoist (PH) >>> dia semacam lift yang digunakan untuk mengangkut tenaga kerja dan alat sederhana

Q:
Serem juga .. tapi btw blom pernah kan ada yg kejebak d atas crane gbsa turun ..

A:
Ada gan,, cuman bukannya kejebak tetapi memang sengaja nggak turun,, itu kala tiba-tiba turun hujan besar > si Operator Tower Crane gak bakal turun, sebab kalo dipaksa resikonya lebih tingi > terpeleset karena licin / kesetrum kala ada petir menyambar, si Operator akan lebih aman tetap berada dalam kabin walau angin kencang, kedinginan dan pemandangan yang mengerikan dari badai > semua itu resiko profesi
Q:
ah baru aja td malem ane diskusiin hal ini am bokap ane, tp dia g paham.
bener2 nais ingpoh gan. ada yg masi ganjel nih, itu yg jadi operator crane nya siapa ya gan? mandor/engineer/ato kuli bangunan biasa? perlu ada training khusus ga ya ato bsa dngan improvisasi?
*aduh maap ane kepo nih ama hal bginian
A:
Perlu diketahui bahwa yang melaksanakan seluruh pekerjaan ini adalah orang yang profesional di bidangnya, dan khusus menangani alat-alat berat. Untuk menjdai seorang operator alat berat harus melalui suatu proses belajar dan akan mendapat surat ijin menoperasikan alat berat dengan jenis tertentu sesuai pembelajaran yang diambil

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Tag Cloud

%d bloggers like this: